Bupati Sumenep Achmad Fauzi Putra dari Aktivis GP Ansor

SUMENEP – Achmad Fauzi yang saat ini menjadi Bupati Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur ternyata merupakan putra dari pejuang GP Ansor yakni Achmad Slamet Wongso.

Hal ini banyak yang tidak diketahui dari sosok Achmad Fauzi yang selama ini sangat dekat sekali dengan Nahdlatul Ulama.

Bacaan Lainnya

Maka, secara historis kedekatan ini tentu, bukan sekedar pencitraan belaka tetapi karena betul terlahir dari seorang ayah yang merupakan aktivis GP Ansor.

Perlu diketahui GP Ansor didirikan pada 10 Muharram 1353 Hijriyah atau bertepatan dengan 24 April 1934 di Banyuwangi, Jawa Timur.

Di sepanjang sejarah perjalanan bangsa, dengan kemampuan dan kekuatan tersebut GP Ansor memiliki peran strategis dan signifikan dalam perkembangan masyarakat Indonesia

Maka tidak heran jika sosok Achmad Fauzi begitu dekat dengan NU. Bahkan di rumahnya saja terdapat lukisan yang bertulisan Nahdlatul Ulama dipajang sangat besar.

Semasa hidupnya Slamet Wongso tercatat sebagai aktivis dan pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan. Slamet Wongso juga aktif di GP Ansor Sumenep yang merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama.

Achmad Fauzi dilahirkan dari pasangan Achmad Slamet Wongso dan ibunya bernama Ainun. ia dilahirkan 21 Mei 1979.

Jiwa aktivisnya sangat kental. Ia sangat kritis terhadap kebijakan pemerintahan Orde Baru di bawah Presiden Soeharto. Akibatnya ia sering mendapat teror. Ia pun memilih mengundurkan diri atau pensiun dini dari pegawai negeri.

Pensiun dari pegawai negeri, Slamet aktif di PPP, satu-satunya partai politik yang dibidangi dan menjadi wadah perjuangan para kiai kala itu hingga ia terpilih menjadi anggota DPRD Sumenep. Pada era Orde Baru, semua pegawai negeri diwajibkan memilih Golkar, partai politik penyokong utama Orde Baru.(rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.