UPZ IAIN Madura Siap Atasi Kesenjangan Sosial

  • Whatsapp
Acara Mualid Nabi dan Santunan Anak Yatim UPZ IAIN Madura. (Santrinews.com/Annuriyah)

PAMEKASAN – Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura sejak didirikan pada 2018 silam terus melakukan upaya untuk mengatasi kesenjangan sosial. Seperti kemiskinan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah, kesejahteraan dan kesehatan.

Ketua Umum UPZ IAIN Madura Elman Duro mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pamekasan.

Muat Lebih

Mereka mengumpulkan zakat dari donator melalui celengan yang ditaruh di kelas kampus, ruangan dosen dan semua unit usaha di sekitar komplek IAIN Madura.

“Kurang lebih tiap bulan sebelum pandemi 3 jt, semenjak pandemi tiap bulan hanya terkumpul 1 jt-an,” katanya.

Alumni Pascasarjana IAIN Madura itu menjelaskan, hasil dari pengumpulan zakat akan disalurkan melalui UPZ yang bertugas dalam bidang kesehatan, kecerdasan, dan kesejahteraan.

“UPZ sehat akan memberikan bantuan kepada orang sakit atau pengobatan semampunya, UPZ cerdas dengan memberikan beasiswa, UPZ sejahtera memberikan bantua RTLH,” ujar Elman.

Pada Momen Maulid Nabi Muhammad Saw kali ini, UPZ juga ikut memperingati kelahiran utusan terakhir itu yang dikemas dengan santunan 10 anak yatim.

Menururut ketua pelaksana Achmad Syaifur Rijal, kegiatan itu merupakan bagian dari program yang ada di UPZ IAIN Madura.

“Di UPZ itu ada istilah dana infaq, nah dana infaq tersebut dihasilkan dari infaq atau shadaqoh dari berbagai kalangan. Nah dana tersebut kita alokasikan pada santunan tersebut,” kata Rijal.

Acara Maulid Nabi itu berlangsung di Aula Pimpina Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan, Ahad, 8 November 2020.

Rijal menegaskan, UPZ akan senantiasa berusaha mengatasi berbagai persoalan sosial yang dihadapi oleh masyarakat.

“karena masih banyak orang-orang di luar sana yang benar-benar membutuhkan uluran tangan, semoga UPZ mampu meringankan beban hidup mereka,” pungkasnya. (nur/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *