Ulama Madura dan Tapal Kuda Diundang Polda Jatim Jelang Ramadhan

  • Whatsapp
Ulama dan Polda Jatim saat acara seremonial. (Santrinews.com/istimewa)

SURABAYA – Polda Jatim mengundang Aliansi Ulama Madura (AUMA) dan Aliansi Ulama Tapal Kuda (AUTADA) pada Selasa, 30 Maret 2021, bertemlat di Gedunf Mahameru Mapolda Jatim.

Udangan tersebut guna mempererta tali silaturahim antara Kepolisian Jawa Timur (Jatim) dengan Ulama Tapal Kuda dan Madura jelang Ramadhan.

Muat Lebih

Ketua Auma KH Kharrar Shinhaji, mengatakan, para ulama yang tergabung dalam AUMA dan AUTADA ikut mengutuk keras tindakan terorisme di Makassar, dan meminta Polri untuk segera menangkap semua komplotannya.”Mengusut tuntas bukan hanya pelakunya saja,” ucapnya di atas podium.

Kiai Kharrar menegaskan, ulama dan pendukungnya adalah mitra pemerintah dan masyarakat yang setia menjaga perdamain kebangsaan dan negara.

Ia meminta pejabat atau pemerintah menggandengan ulama untuk memecahkan segala permasalahan. “Selesaikan dengan diskusi atau dialog, agar bangsa ini damai dan tentram,” tegasnya.

Sedangkan Wakil ketua I Autada, KH Maksum Tirmidzi berpesan, umat islam tidak dibatasi untuk pergi ke masjid dan surau saat bulan Ramadhan. Ia meminta aturan pandemi Covid-19 tidak terlalu ketat lagi. “Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” pesannya.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta mengungkapkan, permasalahan yang terjadi di Indonesia berimbas ke daerah pada Jawa Timur. Begitupun polemik manca negara juga berimbas terhadap stabilitas Indonesia.

“Tugas polri sudah jelas, yang pertama memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Yang kedua, melindungi mengayomi dan melayani masyarakat. Yang ke tiga, melakukan penegakan hukum,” Jelasnya.

Kapolda mengatakan, dirinya harus inten berkomunikasi dengan ulamao di seluruh Jawa Timur, agar dapat mengemban tugas pokok Polri dengan baik.

“Sehingga keselamatan masyarakat itu menjadi bagian lebih penting, keselamatan rakyat merupakan hukum yang tertinggi,” Pungkasnya. (ril/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *