Tes Tambahan Bacakades, 22 Orang Terancam Didiskualifikasi

SERIUS: Peserta tes kepemimpinan Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) memadati ruangan Lantai II Islamic Center. (Santrinews.com/bahri)

SUMENP – Tahapan tes seleksi Bakal Calon Kepala Desa (BACAKADES) yang terdiri dari 35 desa masih berlangsung di Gedung Islamic Center Bindara Saod, Desa Batuan, Kecamatan Batuan, Rabu, 2 Oktober 2019.

Dari catatan panitia penyelenggara, ada 253 peserta yang dijadwalkan akan mengikuti tahap tes kepemimpinan tersebut. Namun, dari jumlah itu ada 22 orang yang berhalangan hadir. Sehingga yang mengikuti tahapan tes seleksi berjumlah 231 peserta.

Bacaan Lainnya

Tes kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) diperkirakan akan berakhir nanti sekitar 15.30 WIB, karena jumlah tim penguji dari Universitas Merdeka Malang terbilang terbatas.

Dari 22 orang Bacakades yang berhalangan hadir, sudah bisa dipastikan tidak akan lolos dalam penetapan Calon Kepala Desa (CAKADES) yang akan ditetapkan oleh panitia penyelenggara di tingkatan desa, karena tidak memperoleh nilai dari tahapan tes kepemimpinan yang diselenggarakan DPMD.

Kepala DPMD Moh Ramli menjelaskan, tes kepemimpinan bagi Bacakades hanya bersifat memberikan nilai peringkat. Nilai tersebut yang nantinya akan dijumlah untuk kemudian ditetapkan sebagai calon tetap.

β€œTes saat ini hanya memberikan nilai peringkat, penetapannya nanti dari panitia di tingkatan desa,” ujarnya.

Menurut Ramli, DPMD tidak mempunyai kewenangan dalam meloloskan salah satu calon kepala desa. Sebab, hasil scorring dari tim seleksi akan diberikan pada panitia di tingkatan desa. (ari/bay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.