Tahun Pertama, Wakil Bupati Sumenep: Fokus UMKM Go Internasional

  • Whatsapp

SUMENEP – Program prioritas utama Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada tahun pertama adalah meningkatkan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah saat ditemui di rumah dinasnya, Ahad, 29 Februari 2021.

Muat Lebih

Ia mengatakan akan melakukan meeting data untuk UMKM di Sumenep. “Apakah itu dari kuliner atau pun camilan yang di Sumenep,” kata Nyai Dewi Khalifah.

Menurut Nyai Eva, setelah dilakukan meeting data akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait terutama dinas Perdagangan dan dinas koperasi.

“Bagaimana bahwa mereka melakukan pendampingan pelatihan atau perizinan agar legalitas usaha yang masih belum punya legalitas ini didampingi sampai mendapatkan legalitas sampai produk mereka bisa bersaing dengan produk yang ada di luar kota Sumenep,” tegasnya.

Hal ini dilakukan untuk dipasarkan menjadi potensi unggulan yang bisa menjadi komuditi tingkat lokal atau nasional hingga komoditi ekspor.

“Kemudian dari berapa UMKM nantinya membutuhkan modal kita akan mencoba mensinergikan dengan Bank yang ada di Kabupaten Sumenep,” tuturnya.

Ketua Muslimat NU Sumenep ini juga nantinya akan melakukan pendampingan pemasaran dengan menggandeng berapa asosiasi atau ikatan.

“Melalui bisnis to bisnis yang bisa dilakukan baik skala antara kabupaten dengan kabupaten atau skala antar provinsi dan antar kedutaan,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Nyai Eva, dalam satu tahun kedepan salah satu produk diharapkan bisa menjadi komoditi go internasional melalui pendampingan pemerintah Sumenep.

Nyai Eva juga mendorong pelaku UMKM Sumenep dengan berbasis digital marketing nantinya akan menggandeng Kominfo.

“Kita mencoba berkolaborasi dengan kominfo untuk bisa melakukan kegiatan pengkayaan SDM untuk UMKM kita dan bisa melakukan transaksi online dengan cara digital marketing,” pungkasnya. (rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *