Suara Aktivis: Galian C Ilegal Sumenep Tak Tersentuh Hukum

  • Whatsapp
salah satu sampel Galian C di Sumenep. (Santrinews.com/mata)

SUMENEP – Galian C ilegal di kabupaten Sumenep memberi dampak negatif terhadap lingkungan hidup masyarakat. Aktivis asal Sumenep, Novil Suryadi menilai ada banyak galian C illegal yang tidak tersentuh hukum.

Novil menagatakan, pasal 97 UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) tahun 2009, perusakan lingkungan hidup merupakan sebuah pelanggaran hukum dan tindak pidana, mencakup baik disengaja maupun yang tidak disengaja.

Muat Lebih

“Dalam lingkungan hidup pertanggung jawaban pengrusakan lingkungan dibebankan, terhadap Perusak/pelaku kerusakan atas lingkungan hidup tersebut , apa dan siapapun subjek hukumnya, baik legal maupun tidak, skala kecil maupun besar,” ujarnya, 5 Juni 2021 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Maraknya galian C ilegal di Kabupaten Sumenep, menjadi kado pahit di momentum Hari Lingkungab Hidup Sedunia tahun 2021,” katanya imbuhnya.

Menurut Novil, Galian C illegal bisa menjadi pemicu bencana alam akibat. Selain itu, sambungnya, pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) telah gagal dikelola dengan baik.

“Jangan sampai ada pembiaran terhadap galian C ilegal, karena masyarakat sebagai bagian dari lingkungan hidup menjadi korban,” ucapnya.

Ia menegaskan, penegak dan aparatur pemerintah harus segera mengambil tindakan. Pasalnya, pembiaran terhadap Galian C dinilai sebagai penghianatan terhadap pembangunan berkelanjutan.

Hal itu, kata Novil, merupakan amanat deklarasi Stockhlom tentang kelestarian lingkungan. “Mari bersama-sama mengikuti tuntunan sejarah untuk menjaga lingkungan, agar dapat dinikmati dari generasi ke genesi,” tegasnya.

Ia menegaskan, masyarakat, pemerintah, dan penegak hukum harus berkaloborasi menjaga lingkungan dengan baik. Tidak memberi ruang serta mengawasi pengrusakan lingkungan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. (ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *