Siswa MI Mubadiul Ihsan Dikenalkan dengan Sikap Toleransi-Anti Radikalisme

  • Whatsapp

SUMENEP – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mubadiul Ihsan Lobuk Bluto Sumenep, menggelar pondok ramadhan kilat dan buka puasa bersama pada, Sabtu 8 Mei 2021.

Kegiatan tersebut bertempat di halaman sekolah dan diisi langsung oleh Kepala Sekolah MI Mubadiul Ihsan Yudik Ainur Rahman. Materi yang diberikan berupa ajaran yang menekankan terhadap toleransi.

Muat Lebih

Yudik menjelaskan kepada siswanya, berbagi antar sesama saat ramadlan mendatangkan berkah dan pahala yang berlipat ganda.

Kendati demikian, sambungnya, untuk memunculkan rasa cinta berbagi dalam setiap insan, pertama harus mampu memupuk sikap toleransi dalam diri.

“Tasammuh (tolernasi) berarti menerima kenyataan bahwa manusia diciptakan dengan ragam berbeda. Perbedaan itu yang menuntut semuanya saling mengenal, mengerti dan berbagi. Ada laki-laki, ada perempuan. Yang tua menyayangi yang muda, yang muda menghormati yang tua. Ada yang lebih, ada yang kurang. Begitu seterusnya,” jelasnya saat mengisi materi.

Yudik mengatakan, benih pemahaman seperti yang di jelaskan di atas bisa tertanam dalam diri anak didiknya.

Menurutnya, pemahaman demikian merupakan bentuk pencegahan dini terhadap generasi bangsa agar tidak mudah disusupi paham radikalisme. Sehingga, imbuhnya, anak saat sudah dewasa tidak kaget (latah) ketika bertemu dengan lingkungan yang berbeda.

“Perbedaan kelompok, suku, ras, etnis, sampai dengan ideologi, maka siswa mampu menyikapinya dengan legowo, toleran dan tidak radikalis,” urainya.

“Mari lanjutkan bertoleransi, untuk selanjutnya terus berbagi di bulan suci yang hampir berahir ini,” imbuhnya.

Tak hanya itu, siswa juga diajarkan berbagai ibadah dan hal-hal yang penting dilakukan di bulan ramadlan.

“Ini juga untuk mempererat tali silaturrahmi antar warga sekolah,” pungkasnya. (ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *