Siapkan Dana Pembangunan 2,7 Miliar, TPA Sampah Bangkalan Mulai Dibenahi

BANGKALAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menyiapkan dana 2,7 milyar untuk pengembangan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Dilansir situs resmi Pemkab Bangkalan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan TPA dengaj konsep pengelolaan baru.

Bacaan Lainnya

Konsep baru tersebut disebut Tempat Pembuangan Sementara (TPS) terpadu.”Nantinya TPA Buluh tidak lagi sekedar tempat membuang sampah seperti dulu. Tapi akan menjadi TPS terpadu,” kata Kepala DLH Bangkalan Anang Yulianto.

Menurut Aan, untuk mengembangkan pengelolaan TPA dengan baik ia butuh tenaga kerja baru. Direncanakan 25 tenaga kerja baru akan diambil dari warga setempat.

Kata Aang, pihaknya juga akan membangun sara dan prasaran di TPS terpadu. seperti pengeboran air bersih, dan pembangunan sel sampah. 

“Program ini sudah masuk lelang. Kalau tidak ada kendala, bulan agustus sudah dimulai,” ungkapnya.

Kendati demikian, rencana pembangunan TPS terpadu belum disosialisasikan kepada warga setempat.

Aang berkeyakinan, warga sekitar lokasi TPS terpadu tidak keberatan dengan pembangunan yang direncanakan Pemkab Bangkalan.  

“Kami ingin yang terbaik dalam pengelolaan sampah di Bangkalan. Kami harap warga menyetujuinya dengan konsep baru yang kita bawa ini,” pungkasnya. (ril/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.