Santri Sumenep Ketagihan Ngaji Bareng Gus Muwafiq

  • Whatsapp
MEMBLUDAK: Ngaji bareng Gus Muwafiq di Sumenep dipadati ribuan jamaah.

SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep mendatangkan KH Ahmad Muwafiq untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Pengajian tersebut ditempatkan di depan Masjid Jamik Sumenep atau di depan Taman Adipura Sumenep. Rabu malam, 9 Oktober 2019.

Kehadiran ulama yang dikenal dengan nama Gus Muwafiq di Sumenep, tentu bukan hal asing lagi bagi masyarakat dan kalangan santri. Sebab, beliau sudah banyak dikenal di berbagai media sosial.  Gaya dakwah yang lentur dan bahasa merakyat itu menjadi ciri khas tersendiri, hal itu juga ditopang kedalaman Ilmu yang tidak hanya soal agama melainkan juga ilmu umum lainnya.

Muat Lebih

Hal tersebut yang kemudian membuat masyarakat sumenep, sangat antusias hadir ke acara tersebut. Area depan Taman Adipura hingga ke depan Masjid Jamik dipenuhi oleh jamaah pengajian yang datang dari berbagai penjuru Kota Keris.

Keluasan Ilmu Gus Muwafiq saat berceramah juga menjadi faktor utama, sehingga jamaah pengajian merasa kurang mengikuti ceramah ulama kondang dari Yogyakarta itu. Padahal Gus Muwafiq sekitar 4 jam mengisi pengajian rabu malam.

Sebagaimana disampaikan salah satu jamaah pengajian asal Kecamatan Ambunten Abdul Latif Muhammad.”Beliau energik dan sangat kaya pengetahuan, juga sangat bijak dalam memahami agama,” ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan kekagumannya pada Kiai Kondang yang tinggal di Sleman tersebut. Gus Muwafiq, dinilai memiliki pengetahuan sejarah yang sangat luas, tidak hanya sejarah islam, namun sejarah perkembangan kebudayaan nusantara juga fasih.

“Dia sangat kuat dalam sejarah dan mampu menjelaskan hukum-hukum agama yang sering dianggap bid’ah dan tabu oleh banyak kalangan,” jelasnya.

Latif juga menyampaikan, jika kedatangan Gus Muwafiq di Bumi Sumekar merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi masyarakat sumenep. Sebab, sebagai pendakwah kondang tentu memiliki jadwal terbang yang sangat padat.

“ini kesempatan langka, bagi saya ini adalah nikmat luar biasa bagi masyarakat sebab didatangi oleh kiai langka seperti beliau,” pungkasnya. (ari/bay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *