Santri Mandatkan Bendera NU kepada Wabup Achmad Fauzi

  • Whatsapp
MANDAT: Santri menyerahkan bendera NU kepada Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi dengan disaksikan Ketua PCNU Sumenep KH A Pandji Taufiq, di depan Masjid Jamik (santrinews.com/mahrus)

SUMENEP – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 dengan kegiatan Parade Budaya Santri dan Kirab Foto Muassis NU Sumenep, Sabtu malam, 19 Oktober 2019.

Kirab berangkat dari Kantor PCNU Sumenep di Desa Gedungan Kecamatan Batuan. Tiba di depan Masjid Jamik, sekitar pukul 19.00 WIB, rombongan kirab disambut Ketua PCNU Sumenep KH A Pandji Taufiq, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, dan sejumlah tokoh.

Muat Lebih

Perwakilan kirab lalu menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Ketua PCNU Kiai Pandji Taufiq, kemudian oleh Kiai Pandji diserahkan kepada Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Usai bendera merah putih, santri menyerahkan Bendera NU kepada Achmad Fauzi, lalu Fauzi menyerahkannya kepada Kiai Pandji.

“Pak Wabup (Achmad Fauzi) ini NU ya,” kata Kiai Pandji kepada Fauzi dan para peserta kirab.

“(Ya) NU,” jawab Fauzi seraya menyerahkan bendera NU kepada Kiai Pandji.

Dua bendera tersebut dikirab oleh santri bersamaan dengan foto muassis NU, mulai dari kantor PC NU sampai ke depan Masjid Jamik.

Usai penyerahan bendera, acara dilanjutkan dengan istigahasah dengan dipimpin oleh Rais Syuriah PCNU KH Taufiqurahman.

Dalam sambutannya, Kiai Pandji mengatakan, peringatan hari santri bermakna mensyukuri atas perjuangan kiai dan para santri dengan munculnya fatwa Resolusi Jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, dengan disahkannya undang-undang pesantren tahun ini, merupakan hadiah terbesar bagi kaum santri. “Santri harus berjuang dan menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Achmad Fauzi mengatakan, terbentuknya NKRI tidak lepas dari peran santri dan para ulama. “Apapun situasinya keselamatan bangsa ini harus lebih diprioritaskan dari pada kepentingan pribadi,” pesanya. (rus/bay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar