Ravi Ramadhani Raih Penghargaan Sains Internasional

  • Whatsapp

Jakarta– Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada Muchamad Ravi Ramadhani atas Prestasi yang ditorehkannya dalam ajang Expo Sciences International (ESI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 21-29 September 2019.

Pemuda hebat kader IPNU Wonosobo ini mampu menemukan Power bank . Melalui penelitiannya terhadap “Gerak manusia yang menghasilkan energi”

Muat Lebih

Menurut Muhammad Ravi Ramadhani, Penelitiannya yang terkait dengan pembaharuan energi dilakukan sejak
2017 lalu. Dia mengaku mendapatkan inspirasi saat melihat gerakan dalam sholat. Perubahan energi kinetik dikonversi menjadi tenaga listrik.

Pembaharuan energi (Energi terbarukan) adalah proses alam yang berkelanjutan. Dalam penelitiaanya Ravi menemukan sebuah kesimpulan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Akan tetapi, bisa diubah dalam bentuk lain.

Menurut Ravi gerakan tubuh dapat mengalirkan listrik melalui kabel. Guna mengisi daya baterai ponsel dengan cara menggoyang-goyangkan alat sepanjang 30 centimeter itu. Sehingga dapat menyimpan daya seperti power bank. 

“Kalau ini dimasukkan ke celana dan kemudian kita jalan tentu alat tersebut akan bergerak dan itu akan mengisi dayanya,” ucap santri Pondok Pesantren Ilmu Quran Hidyatul Quran Kalibeber, Wonosobo ini.

Kemudian hasil Penelitian yang terinspirasi oleh gerakan sholat ini diberi nama “Obah” artinya dalam bahasa Jawa adalah gerak.

Selain menyampaikan hasil penelitian ini, Ravi juga bercerita sedikit tentang latar belakang dirinya kepada SantriNewa.com. Dia mengatakan bahwa dia bukan berasal dari keluarga orang kaya. “saya lahir dari keluarga penjual tempe di pasar dan ibu saya hanya singel Perent,” ceritanya.

Pencapaian prestasi ini juga ditanggapi baik oleh Ketua Umum PP IPNU, Aswandi Jailani. Dia menegaskan bahwa prestasi yang ditorehkan oleh Muchammad Ravi Ramadhani patut diapresiasi.

Menurut Aswandi hal ini dapat dijadikan motivasi oleh seluruh Kader IPNU di Nusantara. Oleh karena itu Pimpinan Pusat memberikan lebel Duta Sains kepada Muchammad Ravi Ramadhani. “Kita angkat dia sebagai duta sains,” katanya

Selain itu Aswandi juga ikut bersyukur atas tanggapan baik kemenpora kepada Ravi, kader IPNU yang berprestasi. “Alhamdulilah rekan Ravi tadi diberi gelar pemuda hebat oleh pemeritah,” ungkapnya (rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *