Polres Sumenep Ngaji Kitab Bidayatul Hidayah Karya Imam Al-Ghazali

  • Whatsapp

SUMENEP – Polres Sumenep menggelar kajian kitab Bidayatul Hidayah, karya Imam Al-Ghazali, di Masjid Wali Songo,Pabian, Kota Sumenep, Rabu, 3 Februari 2021.

Seluruh anggota Polres Sumenep mengikuti kajian kitab kuning yang disi oleh ust Sa’bat pengasuh yayasan Zainal Arifin Desa Kebunan Sumenep.

Muat Lebih

Kitab Bidayatul Hidayah adalah di antara kitab karya Imam Al-Ghazali. Nama lengkapnya Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Ta’us Ath-thusi Asy-Syafi’I Al-Ghazal.

Secara singkat beliau sering disebut Al-Ghazali. Beliau dilahirkan pada tahun 450H/1058M di Ghazalah sebuah desa pinggiran Kota Thus, Kawasan Kurasan Iran.

Kabag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan bahwa kegiatan ini diwajibakan kepada anggota polres namun secara bergantian karena tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Iya secara bergantian hal ini tetap mematuhi prokol kesehatan,” kata Widiarti saat dikonfirmasi SantriNews.

Adapun materi yang disampaikan mengenai tingkatan nafsu yang ada pada diri manusia diantaranya, nafsu Ammarah, Nafsu Lawwamah dan Nafsu Muthmainnah.

Seperti yang dipaparkan Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bakal mewajibkan anggota Polri untuk mengikuti kajian kitab kuning. Menurut dia, mengaji kitab kuning salah satu cara untuk mencegah berkembangnya paham teroris.

Karena, hal itu pernah dilakukan ketika Listyo menjabat sebagai Kapolda Banten. “Seperti di Banten, saya pernah sampaikan anggota wajib untuk belajar kitab kuning,” kata Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan pada Rabu, 20 Januari 2021.

Listyo mengaku menyerap masukan dari para ulama untuk mencegah paham-paham radikal itu dengan mengikuti pengajian kitab kuning.

Ternyata, ia meyakini bahwa masukan-masukan dari para ulama ini benar adanya. Makanya, kajian kitab kuning ini akan dilanjutkan oleh Listyo setelah dilantik jadi Kapolri nanti oleh Presiden Joko Widodo. (rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *