Pilkades 2021 di Sumenep, Calon di 19 Desa Harus Ikuti Tes Tambahan

  • Whatsapp

SUMENEP – Seleksi bakal calon kepala Desa (Kades) yang lebih dari lima calon maka akan dilakukan seleksi tambahan.

Hal ini setelah bakal calon dinyatakan lengkap administrasi oleh Panitia Pilkades dan lebih dari lima orang maka akan mengikuti seleksi tambahan. Berdasarkan laporan ada 19 Desa dari 12 kecamatan.

Muat Lebih

Adapun seleksi tambahan itu ada empat indikator, yakni, soal pengalaman bidang pemerintahan, pendidikan dan usia serta ujian kepemimpinan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Moh Ramli menjelaskan perihal pelaksanaan tambahan seleski bagi desa yang calon lebih dari lima orang.

“Kita rencanakan pelaksanaan ujian seleksi pada tanggal 17 Juni 2021 yang ditempatkan di Islamic Center Batuan,” kata Moh Ramli kepada Media.

Menurut Ramli, soal ujian kempimpinan dalam seleksi tambaham pemkab Sumenep bekerja sama dengan universitas Trunojoyo Bangkalan.

“Jadi pemerintah Sumenep bekerja sama dengan kampus Trunojoyo,,” ungkapnya.

Hasil ujian seleksi tambahan kata Ramli, akan langsung diberikan pada hari itu juga. Selain itu, dalam ujian seleksi bukan menentukan produknya bukan lolos tetapi nilai nanti itu kewenangan panitia dengan menjumlahkan nilai tersebut.

“Hari ini panita pilkades wajib membuat berita acara yang menyatakan bahwa dari pendaftar dinyatakan memenuhi administratif. Berita acara menjadi dasar Pemkab Sumenep memanggil siapa yang menjadi peserta yang dimaksud,” pungkasnya.(rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *