Pengamat: Ngopi Teras Bagian dari Wujudkan Asas Good Governance

  • Whatsapp

SUMENEP – Pengamat Kebijakan Publik Kabupaten Sumenep Iman Hidayat menilai terobosan Bupati Sumenep soal ‘Ngopi Teras’ selaras dengan asas Good Governance (Pemerintahan yang baik).

Istilah good governance diartikan sebagai konsep pemerintahan yang bersih, baik, dan berwibawa.

Muat Lebih

Istilah good governance berasal dari dua kata yang diambil dari Bahasa Inggris, yaitu good dan governance.

Good memiliki arti nilai yang menjunjung tinggi keinginan rakyat, kemandirian, aspek fungsional, serta pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Pradigma administrasi baru itu menyatakan asas Good Governance itu adalah pemerintahan yang mampu memberikan inspirasi bagi semua kepentingan Publik,” kata Imam Hidayat kepada Santrinews.com.

Sebab, Ngopi Teras merupakan terobosan baru yang mana masyarakat menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Bupati Sumenep. Tentu hal ini kata Imam Hidayat, serap aspirasi merupakan bagian dalam mewujudkan pemerintan yang baik.

“Dalam asas pemerintahan yang baik itu misalkan akuntabilitas, transparansi, keadilan sedangkan serap aspirasi merupakan keterbukaan publik,” ujarnya.

Sebab, ciri utama dari pemerintahan yang baik adalah ketika segala kebijakan itu melibatkan publik maka suatu instansi atau roda pemerintahan akan berjalan dengan baik.

“ciri birokrasi yang baik ketika semakin melibatkan suara publik seperti, Ngopi Teras ini sangat baik,” tukasnya.

Salah satu terobosan baru Bupati Sumenep dalam mendengarkan aspirasi masyarakat melalui program Ngobrol Pagi Tampung Pengaduan dan Aspirasi Masyarakat (Ngopi Teras) di Pendopo setia pagi hari.

Ngopi Teras kesempatan masyarakat dalam memberikan masukan atau menyampaikan secara langsung kepada Bupati terkait beragam persoalan mulai, pelayanan Publik, infrastruktur dan lain2.

Sesuai dengan tagline ‘Bismillah Melayani’ sekaligus upaya merespon secara langsung aduan masyarakat.

Ngopi Teras dilakukan setiap pagi mulai jam 6.00 Wib sampai 9.00 Wib terhitung sejak hari senin-Rabu.

Menurut Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Ngopi Teras ini dalam rangka menampung segala aspirasi atau masukan dari masyarakat dari semua unsur.

“Jadi silahkan masyarakat menyampaikan langsung segala persoalan atau masukan kepada kita,” kata Fauzi saat ditemui di Pendopo (rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *