Pelantikan PRNU Desa Ambat dan 3 Banomnya Dihadiri KH Imam Sutaji

  • Whatsapp
Prosesi pelantikan dipimpin oleh Pengrus PCNU Pamekasan Kiai Abd Bari. (Santrinews.com/abrori)

PAMEKASAN – Pelantikan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan dihadiri oleh Instruktur Wilayah PKPNU Jawa Timur KH Imam Sutaji yang bertempat di Pesantren Al-Asror Desa Ambat, Jumat Malam, 2 April 2021.

Acara tersebut juga melantik tiga Badan Otonom (Banom) PRNU Desa Ambat. Di antaranya, PR Gerakan Pemuda (GP) Ansor, PR Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). di PP. Al-Asror Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Jawa Timur.

Muat Lebih

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga Nahdliyin tersebut diisi ceramah agama oleh Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Sumenep sebagai penceramah. Hadir pula, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan diwakili Kiai Abd Bari, dan pemerintahan desa setempat.

Baca Juga: 12 April 2021, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadhan

KH Imam Sutaji dalam sambutannya banyak menyinggung persoalan sejarah bangsa dan peran Nahdlatul Ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

KH Imam Sutaji menjelaskan, Indonesia sebelum merdeka sudah berdiri Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam yang bernama Muhammadiyah pada tahun 1912. Kemudian, pada tahun 1918 berdiri kelompok diskusi yang beranggotakan KH Wahab Hasbullah, KH Hasyim Asy’ari, Soekarno, Cokroaminoto dan tokoh pejuang kemerdekan yang lain.

“Kelompok diskusi ini membahas dua pembahasan, yaitu bagaimana Indonesia ketika sudah merdeka dan bagaimana keberlangsungan ajaran Islam Ahlusunnah Wal Jamaah. Baru kemudian, pada tahun 1919 kelompok diskusi ini diberi nama oleh KH Wahab Hasbullah dengan sebutan Tazwirul Afkar. Berdirinya Tazwirul Afkar inilah yang menjadi cikal-bakal berdirinya Nahdlatul Ulama,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Ali Muhdor dalam sambutannya mengaku terharu, karena kegiatan tersebut dihadiri Kepala Desa setempat berserta jajarannya mengenakan pakaian berlambang NU.

“Beliau sudi hadir pada acara pelantikan malam ini dengan penampilan yang luar biasa, karena beliau menggunakn serangam NU dan beliau ingin menjadi anggota NU Ambat,” ucapnya. (abrori/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *