PCNU dan Wabup Buka Launching Hari Santri di Sumenep

  • Whatsapp
PELAPASAN BALON: Achmad Fauzi bersama KH A Pandji Taufiq lepas balon menandakan Launching HSN 2019 resmi dibuka (SantriNews.com/rus)

SUMENEP – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep resmi membuka Grand Launching Hari Santri Nasional (HSN) 2019. Pembukaan tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua PCNU KH A Pandji Taufiq dengan Wakil Bupati Achmad Fauzi di depan Taman Adipura, sekitar pukul 07.00 WIB, 6 Oktober 2019.

Muat Lebih

KH A Pandji Taufiq mengatakan, peringatan Hari Santri itu sebenarnya adalah bentuk pengakuan terhadap jasa-jasa para santri dalam merebut kemerdekaan. Itu dibuktikan dengan dicetuskannya resolusi jihad oleh KH Hasyim Asy’ari.

“Elemen masyarakat sipil yang menyatakan secara tegas bahwa Indonesia itu harga mati hanyalah kaum santri,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan, bahwa salah satu jasa para santri dalam merebut kemerdekaan adalah melalui pendidikan.
Dalam peran pendidikan tersebut, diyakini ada sebuah kesadaran bahwa kemerdekaan akan lebih mudah direbut jika mayoritas pribumi terpelajar.

Achmad Fauzi dalam sambutannya mengatakan, seorang santri merupakan fondasi dan aset terbesar bangsa Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari sejarah masa klonial, santri sudah menjadi garda terdepan dalam merebut kemerdekaan.

“Masyarakat Sumenep itu mayoritas muslim. Hal ini menandakan Sumenep didominasi oleh santri. Oleh sebab itu, Pemerintah sangat mendukung dengan terlaksananya HSN tahun ini,” pungkasnya. (rus/bay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *