Masyarakat Bujur Timur Jaga Tradisi Rebut Buah saat Maulid Nabi

  • Whatsapp

PAMEKASAN – Masyarakat Desa Bujur Timur Kecamatan Batumarmar, Pamekasan memiliki tradisi cukup unik ketika menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw. Tradisi tersebut bernama “Rebutan Buah”.

Rebutan Buah berlangsung usai masyarakat baca shalawat di mushalla atau langgar. Aneka ragam buah seperti pisang, anggur, semangka dan lainnya berjejer berwadah nampan di depan jamaah shalawatan.

Muat Lebih

Menurut Ketua GP Ansor Ranting Bujur Timur Akhmad Syafii mengatakan bahwa tradisi ini telah dilaksanakan secara turun temurun.

“Kegiatan ini sudah menjadi tradisi setiap tahun di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan,” kata Syafii, pada Kamis 29 Oktober 2020.

Menurutnya, rebutan buah merupan ungkapan kebahagiaan masyarakat atas kedatang Rasulullah Saw ke muka bumi tepat 12 Rabiul Awwal.

Selain itu, sambungnya, rebutan buah merupaka ungkapan syukur atas nikmat Allah Swt kepada hamba-Nya.

“Selesai baca shalawat langsung rebutan buah, dengan tujuan biar warga semangat dalam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw,” katanya.

Ia menegaskan, masyarakat setiap perayaan Maulid Nabi masyarakat selalu menjalankan dengan melaksanakan dengan penuh kegembiraan. Tradisitu itu juga dinilai mampu memancing anak-anak cinta untuk shalawatan.

“Dengan adanya tradisi rebutan buah ini, memancing semangat anak-anak kecil dalam membacakan shalawat nabi saat mahallul qiyam,” pungkasnya. (nur/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *