Kemenag Sumenep Kuliah 7 Menit dan Tadarus Duha selama Ramadlan 2021

  • Whatsapp
Kepala Kemenag Sumenep Juhedi (tengah pakai celana hitam) mengikuti kuliah 7 menit. (Santrinews.com/istimewa)

SUMENEP – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep memanfaatkan bulan puasa, Ramadlan 2021 untuk meningkatkan nilai relgius semuapegawainya. Mulai dari pegawai magang hingga semua Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pegawai Kemanag Sumenep mulai dari pagi sampai jam pulang diberi kegiatan kultum dan diatur untuk menyempatkan diri membaca Al-Qur’an. “Mulai dari guru, staf KUA dan penyeluh agama di lingkungan kantor Kemenag Sumenep,” kata Kepala Kemenag Sumenep Juhedi kepada Santrinews pada, Kamis 15 April 2021.

Muat Lebih

Juhedi menjelaskan, ragam kegiatan keagamaan yang diikuti oleh pegawai Kemenag Sumenep di antaranya, pagi tadurus duha, siang shalat berjemaah dan diteruskan dengan kultum atau kuliah 7 menit. “Semua terlaksana di Mushalla Al-Ikhlas setiap hari itu,” katanya.

Ia menjelaskan, pengisi kultum atau kuliah 7 menit diisi oleh penyuluh agama dan yang mengisi bergantian setiap hari. Ini, sambungnya, selain sebagai peringatan bagi kita untuk terus mengaji juga sebagai kewajiban bahwa manusia wajib mencari ilmu sampai liang lahat.

Menurutnya, kegiatan tersebut akan sangat bermanfaat bagi semua pegawai. Pasalnya, tidak semua pegawai Kemenag Sumenep merupakan lulusan pesantren. Sehingga dapat menguatkan pengetahuan pegawai tentang keagamaannya. “Ya ini juga dalam rangka memeriahkan bulan ramadlan,” ucap Juhedi.

Ia menegaskan, kegiatan keagamaan tersebut sebagai contoh kepada masyarakat bahwa Kemenag Sumenep sebagai pelayan masyarakat akan terus berupaya memberi tauladan dan membina masyarakat. “Kita tidak bisa jika hanya mengimbau dan menyuruh, tapi tidak berbuat dulu. Jadi kita melakukan sebelum menyuruh, itu yang benar,” pungkasnya. (ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *