IKABA Proppo Ziarah ke 7 Masyayikh Pesantren Pamekasan

  • Whatsapp

PAMEKASAN – Ikatan Alumni Bata-Bata (IKABA) wilayah Kecamatan Proppo menggelar ziarah ke kuburan beberapa masyayikh di Pamekasan, Senin, 3 Mei 2021.

Kegiatan tersebut merupakan acara rutinitas IKABA Proppo yang dilaksanakan setiap menjelang hari raya Idul Fitri dan sudah berjalan selama 10 Tahun.

Muat Lebih

Ada tujuh maqbarah yang didatangi, yaitu Pakes, Banyuanyar, Bata-bata, Bagandan, astah Lorong Ledduk, Batu Ampar Barat dan Batu Ampar Timur, kemudian diakhiri dengan buka puasa bersama.

Ketua IKABA Proppo Kiai Mukhtar menuturkan, agenda tersebut dilaksanakan, guna menjaga tradisi yang sudah diwariskan oleh RKH. Abdur Rohman Zahid sejak pertama kali merintis IKABA di Kecamatan Proppo.

“Tujuanya ialah untuk mengingat dan mengenang para pendahulu dan muassis pendiri pesantren Bani Itsbat di Pamekasan dan Para tokoh yang ada di Kecamatan Proppo,” ungkapnya, di lokasi Buka Bersama, Dusun Angsanah, Desa Jambringin, Proppo.

Kiai Mukhtar menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi generasi muda yang ada di Proppo untuk mempertahankan kebiasaan baik para pendahulunya. (Abrori/Ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *