Hilal Diperkirakan Tidak Terlihat, 1 Syawal 1442 H Jatuh Hari Kamis

  • Whatsapp

PAMEKASAN – Pakar Falakiyah Kabupaten Pamekasan, Farid Mawardi memprediksi Idul Fitri 1442 H jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Menurutnya, sangat besar kemungkinan idul fitri antara dua Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam terbesar di Indonesia, yakni NU dan Muhammadiyah dilakukan bersama tanpa ada perbedaan.

Muat Lebih

Berdasarkan perhitungan hisab, Farid menjelaskan, hilal tidak akan terlihat pada 29 Ramadlan atau 11 Mei 2021, lantaran posisi bulan muda tidak memenuhi syarat hilal terlihat, yaitu minimal 2 derajat di atas ufuk.

“Ijtimak terjadi saat tengah malam rabu. Jadi, hilal tak akan teramati pada Selasa, 29 Ramadhan, karena posisi minus (-) derajat, sehingga harus istikmal (menyempurnakan Ramadlan) 30 hari. Dengan demikian, maka secara otomatis 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021,” jelas Dosen Falak IAIN Madura itu, Selasa siang, 11 Mei 2021.

Namun demikian, Farid mengajak seluruh masyarakat, agar senantiasa menunggu keputusan sidang itsbat yang akan dilaksanakan oleh Menteri Agama pada Selasa, 11 Mei 2021, dimulai pukul 16.45 WIB.

“Ketetapan resminya tetap menunggu keputusan pemerintah, Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Rabu atau Kamis,” pungkasnya. (abrori/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *