Grand Launching Hari Santri, Wabup Sumenep Paparkan Kontribusi Santri

  • Whatsapp
Ahcmad Fauzi Wakil Bupati Sumenep berdiri memberikan sambutan saat Grand Lounching Hari Santri 2019. (Santrinews.com/bahri)

SUMENEP – “Kontribusi mereka (santri) telah terbukti ikut menguatkan pondasi persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” begitulah ungkapan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi pada acara pembukaan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep di depan gerbang barat Taman Adi Pura, Ahad, 6 Oktober 2019.

Pada kesempatan tersebut, Fauzi dalam sambutannya mengatakan, kaum santri memang pantas untuk mendapatkan pengakuan dari negara atas kontribusi besarnya yang telah membuktikan sebagai benteng penjaga NKRI dari berbagai ancaman sejak Indonesia masih dalam kunkungan penjajahan hingga sekarang.

Muat Lebih

“Kaum santri telah membentengi selama berabad-abad, mulai jaman kolonial, agresi meliter hingga ancaman terhada ideologi Pancasila yang tengah terjadi saat ini,” ungkapnya.

Dia mengingatkan, kaum santri jangan sampai terlena dengan pengakuan negara yang disahkan oleh presiden Joko Widodo pada tahun 2015 kemarin. Dia menegaskan jika tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia pada era selanjutnya lebih berat dan penuh tantangan dan anak bangsa harus bisa maju di berbagai bidang.

“Tantangan dimasa mendatang lebih menantang dimana kita berada di era 4.0 dan memasuki 5.0, jadi harus punya daya saing tinggi baik di bidang ekomonomi, politik dan teknologi,” harapnya.

Fauzi juga mengatakan jika masyarakat sumenep mayoritas bergama Islam sehingga dia menyimpulkan bahwa masyarakat sumenep mayoritas kaum santri. Atas dasar tersebut dia menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sangat mendukung kegiatan HSN ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi santri pada bangsa dan negara.

“Agar kita selalu ingat terhadap peran santri dan kontribusinya pada negeri, oleh sebab itu saya himbau masyarakat sumenep untuk ikut menyukseskan hari santri ini,” tandasnya. (ari/bay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *