Dua Santri Banyuanyar Sabet Juara I MTQ Tingkat Provinsi

  • Whatsapp
Usai perlombaan, dua santri Banyuanyar Pamekasan bersama ustad pendamping abadikan foto kenangan kemenangan di MTQ 2019 Tingkat Provinsi. (Santrinews.com/istimewa)


PAMEKASAN – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum (Duba) Banyuanyar sukses harumkan Kabupaten Pamekan di Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XVIII 2019. Perlombaan bergengsi itu diselanggaran oleh Lembaga Pengembangan (LP) MTQ Jawa Timur.

“Alhamdulillah kami bisa mendapat juara pertama,” kata Mahmud Ayatullah, pendamping santri delegasi dari Ponpes Duba, Sabtu, 2 November 2019.

Gelaran MTQ yang setiap 2 tahun sekali tersebut, untuk tahun ini ditempatkan di Kabupaten Tuban. Dan pesertanya dari seluruh kabupaten yang ada di Jatim. Even untuk membentuk insan qur’ani itu dimulai sejak 26 Oktober sampai 2 Nopember 2019.

Dalam kesempatan kali ini, Ponpes Duba dipercaya mewakili Kota Gerbang Salam, untuk bersaing dengan peserta dari kabupaten lain di MTQ XVIII 2019 tingkat provinsi tersebut.

Ponpes yang didirikan oleh Kiai Itsbat bin Ishaq, keluar sebagai jawara pada perlombaan tingkat provinsi. Ada 2 santri andalannya berhasil menyabet Juara I di dua ketegori. Partama atas nama Dodi Adrian Febriyansah kategori MHQ (Hafalan) 30 Juz dan Syainal Abidin kategori Tafsir Al-Quran Bahasa Arab 30 Juz.

Mahmud menuturkan, Pencapain terbaik tersebut tidak lepas dari keistiqamahan Banyuanyar dalam mencetak santri Qurani. Persiapan mengikuti lomba, lanjut Ustad Mahmud, jauh hari sudah dipersiapkan secara matang. “Selama satu tahun kita sudah melakukan pembinaan,” katanya.

Setelah berhasil di tingkat provinsi, dua santri yang berhasil mengharumkan Kota Gerbang Salam tersebut, memiliki kesempatan untuk mewakili Provinsi Jatim pada lomba MTQ tingkat nasional.

“Untuk tingkat nasional tidak bisa dipastikan, karena 3 terbaik nanti akan dibekali pembinaan lagi oleh Pemprov Jatim, keputusannya nanti dari pemprov juga,” pungkasnya. (ari/bay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *