Doa Awal Tahun dan Ibrah Pergantian Masa

  • Whatsapp
Ilustrasi doa awal tahun menuju tahun baru (Santrinews.com/istimewa)

SUMENEP – Mustasyar Pimpinan Cabang Nahdlutul Ulama (PCNU) Sumenep KH Muhammad Taufiqurrahman Fm tidak bosan memberikan peringatan kepada umat dan bangsa untuk tetap menjaga diri dalam setiap masa.

Pada pergantian tahun 2020 menuju 2021, Ia mengingatkan umat terhadap perkembangan masa yang selalu memiliki tantangan tersendiri.

“Hari berganti hari, waktu pun terus berlalu, tidak terasa sekarang masuk 2021 dan meninggalkan tahun 2020 , insya Allah, zaman pun semakin berubah dan semakin canggih. Teknologi bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Itu lah zaman sekarang,” terangnya kepada Santrinews, Kamis 31 Desember 2020.

Pengasuh Pesantren Mathlabul Ulum Jambu, Lenteng Sumenep itu kemudian mengutip Hadist. Rasulullah SAW bersabda:

عن أبي هريرة أَن رَسُولَ اللَّه قال: اصْبِروا فإِنه لا يأْتي زمانٌ إلاَّ والَّذي بعْده شَرٌ مِنهُ حتَّى تلقَوا ربَّكُمْ(. رواه البخاري. )

‘Tidak akan datang suatu tahun, kecuali tahun sesudahnya akan lebih jelek dari tahun sebelumnya.sampai berjumpa dg tuhanmu (Hr. Bukhori)’.

Hadist di atas diterangkan oleh Kiai Taufiqurrahman: Yang dimaksud Rasulullah Saw adalah ‘semakin jelek’ bukan dalam konteks duniawi seperti perkembangan teknologi, melainkan moral dan akhlak yang semakin rusak. Kita tahu orang zaman dulu ketika bergaul masih malu-malu apalagi bergaul dengan yang berbeda jenis bagaimana sekarang ?

Takdzim seorang anak kepada orang tua juga sudah hilang. Kemaksiatan merajalela. Tapi itu semua tergantung kepada kita, akankah tahun ini lebih jelek dari tahun lalu?

Semoga Allah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita untuk menjadikan tahun ini lebih baik dari tahun kemaren Rasulullah bersabda:
من كان يومه خيرا من امسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل امسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من امسه فهو ملعون.( رواه الحاكم).

“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Dari uraian di atas, Semoga pembaca bisa mengambil ibrah dawuh salah ulama kiai kharismatik yang ada di Kabupaten Sumenep ini.

Berikut Doa awal tahun yang dianjurkan Kiai Taufiqurrahman:

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Wahai Allah! Engkaulah Dzat Yang Abadi, Yang Terdahulu, Yang Mula-mula. Atas anugerah Engkau yang besar dan kemurahan Engkau yang dijadikan pegangan, inilah tahun baru telah datang . Kami memohon kepada Engkau pemeliharaan selama setahun ini dari setan, sahabat-sahabat dan pasukannya, dan pertolongan untuk melawan nafsuku ini yang selalu mengajak kepada kejahatan, serta sibuk dalam melakukan amal yang dapat mendekatkan diriku kepada Engkau sedekat-dekatnya, wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *