Bupati Sumenep Resmikan Jalan Lingkar Utara

  • Whatsapp

SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur meresmikan Jalan Lingkar Utara, Selasa, 26 Januari 2021. Lokasinya berada 3 Desa Kebunan, Bangkal dan Parsanga.

Proses tahapan pelaksanaan pada akses Jalan Lingkar Utara ini dilakukan 2 tahap. Tahap yang pertama pada tahun anggaran 2019 dengan menggunakan sumber dana https://madura.santrinews.com/Akhbar/485/DPRD-Sumenep-Targetkan-PAK-APBD-2020-Disahkan-18-September sebesar sekitar Rp 15 Miliar.

Muat Lebih

Eri Susanto, Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep menyampaikan, proses pekerjaan jalan lingkar utara melalui pembebasan lahan.

Ia mengatakan pembebasan lahan dimulai sejak tahun 2016 sampai tahun 2018 dengan anggaran sekitar Rp 5 Miliar.

“Ini akses jalan yang sangat diharapkan oleh masyarakat di Kota Keris ini, terutama dapat mengurangi kepadatan jalan kota. Serta mendukung aktivitas percepatan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Pada pertengah Desember 2019 telah dapat diselesaikan pembangunan jembatan dan jalan sepanjang 1,5 KM.

Eri menambahkan proses pembangunan pada tahap dua dengan menggunakan anggaran 2020 dengan mengunakan sumber dana APBD, sebesar kurang lebih Rp 22 Miliar, dengan masa pelaksanaan selama 6 bulan.

“Pada pertengahan bulan Desember tahun 2020 telah dapat diselesaikan dengan tuntas dengan panjang kurang lebih 2,4 Km, sehingga panjang total Jalan Lingkar Utara mencapai 3,9 Km,” tutupnya.

Bupati Sumenep KH A Busyro Karim mengatakan akses jalan lingkar utara merupakan jalan alternatif dan sekaligus mendukung destinasi wisata.

“Peresmian Jalan Lingkar Utara yang dilanjutkan dengan penanaman pohon serta peresmian nama jalan,” kata Kiai Busyro.

“Karena memang bagus viewnya dan mendukung alamnya disini, saya kira ini titik-titik dari beberapa destinasi itu,” ujarnya usai meresmikan.

Politisi PKB ini juga menjelaskan bahwa Jalan Lingkar Utara merupakan upaya pemerintah dalam mengambil kebijakan agar kendaraan tidak menumpuk di Kota.

“Kalau disana ada Asta Tinggi, kalau di lingkar utara ada monumen Al-Quran dengan bangunan yang besar dan keindahannya, saya kira masyarakat akan tertarik,” pungkasnya. (rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *