Bupati Lumajang Sambut 780 Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

  • Whatsapp

Lumajang – Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyambut 780 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Selasa, , 16 Juli 2019.

Bupati mengaku senang dengan kehadiran mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang Kuliah Kerja Nyata ( KKN) di Kabupaten Lumajang.

Muat Lebih

Diharapkan, KKN itu, dapat mempercepat pembangunan di Kabupaten Lumajang. “Saya dengan hadirnya KKN ini, berharap banyak. Masyarakat harus didampingi oleh pemikiran baru untuk berkehidupan sosial yang lebih baik,” kata Bupati Thoriq.

Dalam kesempatan itu, Thoriq yang alumni UINSA, memaparkan kondisi masyarakat di sekitar wilayah yang akan ditempati KKN. Sehingga para mahasiswa memiliki gambaran umum tentang kondisi masyarakat.

Bupati berharap, usai KKN, Pemerintah Kabupaten Lumajang bisa mengambil kebijakan strategis untuk masyarakat.

“Saya minta ‘input the next’. Kami juga mendapatkan problem permasalahan dan item yang harus kita selesaikan bersama,” lanjutnya.

Di pihak lain, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UINSA Dr Rubaidi, melaporkan, peserta KKN transformatif II sebanyak 1780 mahasiswa, 780 diantaranya ditempatkan di Kabupaten Lumajang. Selebihnya di Kabupaten Magetan dan Madiun.

Mahasiswa KKN UINSA di Kabupaten Lumajang menempati lokasi di empat kecamatan, yaitu Pasirian, Tempeh, Candipuro dan Kecamatan Pronojiwo. Mereka melaksanakan KKN selama satu bulan penuh terhitung mulai 16 Juli hingga 15 Agustus 2019, disebar di 17 desa dalam 4 kecamatan tersebut.

“Ini saatnya adik-adik untuk mendistribusikan dan mendedikasikan ilmu pengetahuan. Sekarang ini, secara teoritis akan dipraktekkan bersama-sama,” jelasnya.

Ia menyampaikan, pihaknya siap untuk melanjutkan program pasca pelaksanaan KKN untuk membina 5 desa sebagai percontohan. “Kami siap untuk mendarma-bhaktikan untuk melanjutkan program KKN ini, misalnya dengan mengambil desa binaan, pilot project untuk 5 desa di Kabupaten Lumajang,” tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UINSA, Dr Saiful Bahri, mengapresiasi kebijakan Bupati Lumajang terkait dengan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada para mahasiswa asal Lumajang. Menurutnya, kebijakan itu akan meringankan mahasiswa selama menempuh pendidikan. (rus/onk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *