BPJS Kesehatan Gandeng NU Pamekasan Sukseskan Program JKN-KIS

  • Whatsapp

PAMEKASAN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kabupaten Pamekasan gandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat untuk mensukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Ketua PCNU Kabupaten Pamekasan, KH. Taufik Hasyim mengatakan, pihaknya bersedia menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan sosialisasi seputar Program JKN – KIS kepada masyarakat. Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Rabu 28 April 2021 di Kantor PCNU Pamekasan, Jl. R. Abd. Aziz No. 95 Jungcangcang, Pamekasan.

Muat Lebih

“PCNU Pamekasan dalam hal ini siap membantu memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pendekatan sesuai dengan bidang kami. Jadi, harapannya masyarakat bisa memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya, termasuk memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya dalam Program JKN-KIS,” ujar Kiai Taufik.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Elke Winasari menjelaskan, Program JKN-KIS merupakan program bersama milik seluruh rakyat Indonesia. Hal itulah yang mendorong BPJS Kesehatan untuk bersinergi dengan stakeholder, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Tentunya, melalui sinergitas ini kami berharap, edukasi yang disampaikan kepada masyarakat akan berjalan lebih optimal, karena selama ini masih terdapat perilaku dari sebagian peserta JKN-KIS yang belum mencerminkan perilaku gotong-royong,” ucap Elke.

Elke mengatakan, perperilaku peserta JKN-KIS kadang nakal. Mereka, imbuhnya, kurang memiliki kesadaran untuk membayar iuran bulanan.

Menurutnya, banyak peserta yang mendaftarkan diri dan membayar iuran ketika sudab terdesak memerlukan pelayanan kesehatan, namun cenderung abai setelah sembuh.

“Dalam program ini, semangat yang sangat dijunjung tinggi adalah semangat gotong-royong dan saling membantu. Di mana, yang sehat akan menghibahkan iuran untuk membantu yang sakit, dan yang mampu menghibahkan iuran untuk membantu yang kurang mampu,” paparnya.

Ia berharal, kerja sama dengan PCNU Pamekasan diharapkan bisa menumbuhakan kesadaran masyarakat dan menumbuhkan semangat gotong royong. “Kita bisa saling membantu melalui program JKN-KIS dari sudut pandang ajaran agama,” pungkasnya. (Abrori/Ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *