Bimas Islam Kemenag Pamekasan Sosialiasikan Moderasi Beragama

  • Whatsapp
Kasi Bimas Islam Kemenag Pamekasan Ilyasak (dua dari kiri) berdampingan dengan pengurus MWCNU Palengaan. (Santrinews.com/abrori)

PAMEKASAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan sosialisasikan penguatan moderasi beragama dan peraturan majelis taklim di di Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru, Kecamatan Palengaan, Rabu, 7 April 2021.

Sosialisasi itu merupakan agenda kegiatan kunjungan kerja dan silaturrahim bagian Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam dan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag Pamekasan. Telah berlangsung sejak 5 – 9 April 2021 dengan lokasi berbeda.

Muat Lebih

Dalam kesempatan tersebut, Kemenag juga mensosialisasikan jadwal Imsakiyah Ramadan 1442 H yang telah disepakati Focus Group Discasion (FGD) tokoh agama di Kantor Bupati Pamekasan pada 6 April 2021.

Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kemenag Pamekasan Ilyasak menjelaskan, salah satu cara menguatkan moderasi beragama adalah dengan memberdayakan dan menguatakan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus majelis taklim.

“Bagaimana para dai dan pimpinan majelis taklim di Pamekasan ini menyampaikan ajaran-ajaran Islam sesuai dengan tujuan diutusnya Rasulullah Muhammad SAW, yakni dakwah yang rahmatan lil ‘alamin,” paparnya dalam sosialisasi di Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru, Kecamatan Palengaan, Rabu 7 April 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Palengaan KH. Mohammad Ali Wafa. Dalam sambutannya Ia mengatakan, upaya penguatan moderasi beragama merupakan hal senada dengan yang diperjuangkan NU.

“Sudah bukan rahasia lagi, ketika berbicara moderasi beragama dan majelis taklim, ini sangat erat kaitannya dan identik dengan harakah Nahdlatul Ulama di akar rumput. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan diridhoi Allah Swt.,” tuturnya.

Acara sosialisasi dan silutarrihim diakhiri dengan penyerahan waqaf Al-Quran sebagai bentuk tasyakuran Hari Lahir ke-94 NU. Hal itu, merupakan hasil kerjasama LWPNU dengan Bimas Islam Kemenag Pamekasan. (Abrori/ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *