Baznas Sumenep Siapkan Beasiswa bagi Keluarga Kurang Mampu

  • Whatsapp

SUMENEP – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumenep mulai merealisasikan Program Baznas Pusat “Satu Keluarga Satu Sarjana” denga memberikan beasiswa S1.

Ketua Baznas Sumenep Moh Jazuli menjelaskan, program beasiswa 2021 ini dikhuskan bagi pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi.

Muat Lebih

Beasiswa Baznas Sumenep berbeda dengan beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Indonesia – Biaya Pendidikan Mahasiswa Berpresatasi (Bidikmisi)-. “Bedanya adalah Baznas fokus terhadap kemampuan ekonominya saja. Kalau Bidikmisi kan Biaya Pendidikan Mahasiswa Berprestasi, harus ada nilai pendidikan yang dipertahankan,” jelasnya kepada Santrinews pada Rabu, 3 Maret 2021.

Sehingga persyaratan mahasiswa atau pelajar yang hendak mendaftar beasiswa tersebut juga berbeda dengan beasiswa Bidikmisi. Yakni tidak perlu melampirkan surat keterangan nilai hasil belajar. “Karena ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang benar – benar tidak mampu,” katanya.

Menurut Jazuli, jumlah kuota beasiswa tersebut belum dintentukan. Pasalnya, pihaknya masih mau menyesuaikan dengan jumlah pendaftar yang pendaftarannya akan dibuka sejak 8 Maret 2021. “Kalau besaran nominal beasiswanya sekitar Rp 1 Juta per semester,” ujarnya.

Adapun yang bisa mendafatar beasiswa ini tidak terbatas jenjang semester yang sudah ditempuh oleh mahasiswa. “Ini umum. Walaupun nanti yang daftar semester awal, sampai lulus itu akan dibantu oleh Baznas. Atau sudah semester akhir baru ngajukan kepada kita, ya tidak apa-apa, kalau sudah lulus beasiswanya juga berhenti,” pungkasnya.

Syarat utama bagi yang ingin mendafatar beasiswa Baznas Sumenep 2021 di antaranya, Mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi di Sumenep, bukan penerima Beasiswa Penuh dari sumber lain, dan merupakan penduduk asli Sumenep.

Sedangkan syarat administrasi yang harus dilengkapi pendaftar bisa dilihat di halaman website atau media sosial Baznas Sumenep.

Pembukaan pendaftaran dimulai sejak 8 – 24 Maret 2021. Tahap seleksi akan berlangsung pada 29 – 30 Maret 2021. Adapun hasil seleski akan diumumkan pada 1 April 2021. (ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar