Awal Maret, PKB Se-Jatim Gelar Muscab Serentak

  • Whatsapp

SURABAYA – DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur memastikan pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) di 38 Kota/Kabupaten akan digelar pada awal Maret 2021.

“Awal Maret Muscab serentak se Indonesia,” kata Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah saat dikonfirmasi SantriNews, Jumat, 19 Februari 2021.

Muat Lebih

Pada tahun 2021 PKB akan restrukturisasi atau penataan kepengurusan dari semua tingkatan hingga badan otonom dan lembaga dilingkungan PKB. “Yang mana masa jabatan selesai tahun ini,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini menjelaskan soal teknis pelaksanaan Muscab mengacu pada hasil Muktamar PKB di Bali tahun 2019. Muscab diawali pra Muscab.

“Dalam pra muscab ini mengusulkan nama-nama dengan melalui musyawarah mufakat,” jelasnya.

DPC PKB di masing-masing Kabupaten/kota diberi kewenangan untuk melakulan musyawarah mufakat bersama PAC untuk mengusulkan nama kepada DPP. “Maksimal 5 nama dari setiap DPC yang diusulkan ke DPP,” ulasnya.

Lima nama yang diusulkan DPC ke DPP merupakan formasi Pengurus Harian (PH) kemudian pada saat muscab hanya tinggal pengukuhan.

Mantan aktifis IPPNU Sidoarjoini juga menuturkan bahwa penentuan pucuk pimpinan di PKB cukup berbeda dengan dulu sebelum muktamar.

“Jika dulu melalui pemilihan tetapi sekarang melalui musyawarah mufakat,” pungkasnya. (rus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *