Ansoruna Bussiness School Akan Gelar Kegiatan Sekolah Desa di Beberapa Kabupaten di Jawa Timur

  • Whatsapp

Malang – Penyelenggaraan kegiatan Sekolah Desa yang sukses dilaksanakan oleh Ansoruna Business School PC. GP. Ansor Kabupaten Malang di Padepokan Cinta Tanah Air, Curungrejo, Kepanjen, Sabtu, 20 Juli 2019, mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurut Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji perlu adanya edukasi terkait penggunaan keuangan desa sesuai degan regulasi maupun aturan yg ada.

Muat Lebih

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang mayoritas adalah aparatur desa

“Peserta dari kegiatan ini ada yang dari kepala desa terpilih, perangkat desa dan mahasiswa. Harapannya terutama bagi para kepala desa beserta perangkatnya usai mengikuti kegiatan ini, dapat mengelola anggaran sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan semacam ini masih jarang digelar. Kegiatan Sekolah Desa seperti ini baru dilaksanakan dua kali. Yang pertama yakni Sekolah Pemuda Desa Ansor.

“Ini merupakan kegiatan yang kedua. Tentunya saya berharap kegiatan semacam ini diselenggarakan lebih banyak lagi,” kata mantan Kabag Humas Pemkab Malang ini.

Mantan Camat Kepanjen tersebut menjelaskan, dalam Sekolah Desa kali ini dijelaskan juga tatacara penggunaan keuangan desa sesuai aturan.

“Penggunaan keuangan desa tidak boleh seenaknya sendiri. Harus sesuai perencanaan, realisasinya jelas dan ada pertanggungjawaban secara tertulis,” tegasnya.

Sehingga, kata dia, Kepala Desa tidak bisa menggunakan keuangan desa sesuai dengan kehendaknya sendiri, meski dengan dalih untuk kepentingan masyarakat desanya.

“Maka dari itu, pentingnya musyawarah desa. Dalam musyawarah harus dibahas secara tuntas apa aja pembangunan serta program yang akan dilakukan menggunakan dana desa,” tuturnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini akan meminimalisir terjadinya pelanggaran terkait penggunaan keuangan desa.

Sementara ketua Pimpinan Cabang. GP. Ansor Kabupaten Malang Husnul Hakim Syadad mengatakan Sekolah desa akan terus dilakukan secara berkelanjutan di Kabupaten Malang. Tujuannya, untuk membangun desa lebih sejahtera, lebih siap mengelola dana desa yang diberikan pemerintah pusat.

“Target akhirnya, desa di Kabupaten Malang menjadi desa gemilang dalam segala sektor. Baik pengembangan potensi wisata yang ada di desa. Ekonominya gemilang, kesehatannya gemilang, kesejahteraannya juga gemilang dan pendidikan masyarakatnya juga gemilang,” terangnya.

Sementara dari Ansoruna Business School, Musaffa’ Safril mengatakan, melihat pentingnya kegiatan ini serta minat masyarakat terutama dari kalangan aparatur desa untuk mengikuti kegiatan ini, kemungkinan besar kedepan kegiatan serupa akan kami laksanakan di beberapa Kabupaten di Jawa Timur,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *