63 Santri di Sumenep Adu Kemampuan Baca Kitab Kuning

  • Whatsapp
LOMBA BACA KITAB : peserta musabaqoh qiraatul kitab di Kantor PCNU Sumenep Jln Tronojoyo. (SantriNews.com/rus)

Sumenep – Lomba Baca Kitab Kuning atau Musabaqoh Qira’atul Kutub (MQK) oleh PCNU Sumenep, resmi dimulai. Sedikitnya diikuti 63 peserta.

Lomba ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019.  Penanggungjawab pelaksana adalah Lembaga Bahtsul Masail NU (LBM NU) dan Lembaga Falakiyah NU (LFN).

Muat Lebih

Koordinator panitia sesi lomba baca kitab kuning, Mohammad Husen, menjelaskan, lomba bertujuan selain untuk menjaga tradisi kepesantrenan juga untuk ikut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional.

“Jumlah keseluruhan peserta lomba sebanyak 63 orang. Masing-masing terdiri atas 31 peserta perempuan dan 32 peserta laki-laki,” kata Husen disela pembukaan lomba baca kitab di Lantai 2 PCNU Sumenep, Senin 7 Okbober 2019.

Kitab yang dilombakan adalah kitab Taqrib, Fathul Qarib, dan Fathul Mu’in. Kitab Taqrib dan Fathul Qorib untuk santri atau pelajar tingkat Madarasah Aliyah, MTS, SMPI, dan Madrasah Diniyah.

“Sedangkan Fathul Mu’in untuk utusan MWC NU,” ujarnya.

Sedangkan kategori penilaian lomba ini meliputi pemahaman isi kitab, qowaid nahwu/shorrof, dan pemahaman terhadap istilah nahiya dan ma’ani.

“Qowaid Nahwu Shorrof ditanyakan, pemahaman fiqih kontekstual dan fiqih kekinian ditanyakan, dan nahiya ma’ani juga ditanyakan,” kata Husen.

Setiap pemenang, kata dia, akan memperoleh tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sesuai tingkatan.

Lomba baca kitab kuning akan berlangsung selama enam hari hingga 13 Oktober 2019. (rus/ik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *