19.598 Guru di Sumenep Diwajibkan Vaksinasi Covid-19 sebelum Memulai KBM 2021

  • Whatsapp
Kemenag Sumenep saat mengunjungi salah sekolah yang ada dibawah naungannya. (Santrinews.com/bahri)

SUMENEP – Awal masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2021 terjadwal sejak 14 Juni mendatang. Semua guru diwajibkan menjalankan vaksinasi sebelum mulai melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Pertemua Tatap Muka (PTM).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep telah memutuskan PTM sekolah bisa dilaksanakan dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang ketat. Syarat tersebut merupakan upaya pencegahan klauster baru Covid-19. Yakni klauster sekolah.

Muat Lebih

Upaya lain yang dilakukan pemerintah adalah dengan mewajibkan guru menjalani vaksinasi yang dibiayai oleh pemerintah.

“Gratis, tidak dipungut biaya apapun,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Mulyono kepada Santrinews usai rapat Kordinasi Tim Satgas Gugus Tugas Covid-19, di Rumah Dinas Bupati, pada Kamis 3 Juni 2021.

Jumlah guru baik swasta, P3K, dan PNS yang ada di bawah naungan Disdik Sumenep sebanyak 7383. Sedangkan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) sebanyak 8812 guru non sertifikasi dan 3403 guru sertifikasi. Total guru yang harus menjalani vaksinasi dari dua lembaga tersebut sebanyak 19.598 orang.

Agus menjelaskan, vaksinasi guru dikelompokkan dengan program vaksinasi khusus pelayan publik. Kuota vaksin sinovac yang tersedia bagi pelayan publik yakni 41800. “Itu peruntukannya untuk guru dan lansia,” jelasnya.

Menurut Agus, guru yang akan menjalankan vaksinasi bisa dilaksankan di Puskesmas terdekat. Pasalnya, tim gugus Covid-19 Sumenep telah menyediakan vaksinator di semua kecamatan.

“Kami nanti juga akan segera berkordinasi dengan Kemenag, Disdik dan UPT Disdik Jatim untuk mendata guru yang sudah tervaksinasi dan belum tervaksinasi,” urainya.

Agus Menegeaskan, guru yang belum menjalankan vaksinasi tidak diperbolehkan melakukan KBM di sekolah. “Sekarang tinggal digerakkan gurunya untuk dilakukan vaksinasi, vaksinatornya sudah banyak kami sediakan,” pungkasnya. (ari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *